Lutung Kasarung


>> English Version click here

Cerita rakyat dari Jawa Barat

PRABU Tapa Agung adalah seorang raja tua. Dia memiliki dua orang anak perempuan, Purbararang dan Purbasari. Prabu Tapa Agung berencana untuk berhenti menjadi raja. Dia ingin Purbasari untuk menggantikannya sebagai pemimpin kerajaan. Mendengar ini, Purbararang marah.

"Anda tidak bisa meminta dia untuk menjadi ratu, Ayah. Saya lebih tua daripadanya. Seharusnya Saya, bukan Dia!" kata Purbararang. Namun Raja masih memilih Purbasari untuk menjadi ratu berikutnya.

Purbararang kemudian menetapkan rencana jahat bersama tunangannya, Indrajaya. Mereka pergi ke penyihir dan memintanya untuk menempatkan mantra pada Purbasari. Akibatnya kulit Purnasari menjadi buruk. Ada titik-titik hitam di seluruh tubuhnya.

"Kau tidak secantik Saya dan tidak bisa menjadi ratu. Kau harus meninggalkan istana ini dan tinggal di hutan," kata Purbararang.

Purbasari sangat sedih. Sekarang dia harus tinggal di hutan. Setiap hari dia menghabiskan waktunya bermain dengan beberapa binatang di sana. Ada satu monyet yang selalu berusaha menghiburnya. Ia bukanlah seekor monyet biasa. Ia memiliki kekuatan magis dan bisa berbicara dengan manusia. Nama monyet itu Lutung Kasarung. Dia sebenarnya adalah dewa. Namanya Sanghyang Gurumina. Lutung Kasarung direncanakan untuk membantu Purbasari. Dia membuat sebuah danau kecil dan memintanya untuk mandi di sana. Keajaiban terjadi, kulitnya sembuh. Sekarang dia kembali memiliki kulit yang indah.

Setelah itu, dia mengajak Lutung Kasarung untuk menemani dia kembali ke istana. Purbararang sangat terkejut. Dia tahu dia harus punya rencana jahat lainnya. Dia kemudian berkata, "Yang memiliki rambut panjang akan menjadi ratu."

Raja kemudian mengukur rambut kedua putrinya. Ternyata Purbasari punya rambut yang lebih panjang. Namun Purbararang tidak menyerah. "Ratu harus memiliki suami yang tampan. Jika tunanganku lebih tampan dari milikmu, maka Saya akan menjadi ratu," kata Purbararang.

Purbasari sedih. Dia tahu tunangan Purbararang, Indrajaya, tampan. Dan ia tidak memiliki tunangan sama sekali. "Ini tunangan Saya, Indrajaya. Dimana punyamu?" tanya Purbararang. Lutung Kasarung datang ke depan. Purbararang tertawa sangat keras. "Tunangan Anda adalah monyet, ha ha ha."

Tiba-tiba, Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pria yang sangat tampan. Dia bahkan lebih tampan dari Indrajaya. Purbasari kemudian menjadi Ratu. Dia memaafkan Purbararang dan tunangannya serta membiarkan mereka tinggal di istana. ***






>> Lutung Kasarung changed into a man

Popular Posts