Ular Dandaung

The Dandaung Snake >> English version

Cerita rakyat dari Kalimantan Selatan

Zaman dahulu kala, ada sebuah kerajaan besar di Kalimantan Selatan. Orang-orang hidup bahagia dan damai. Tidak ada orang miskin. Tanahnya subur dan mereka selalu memiliki panen melimpah. Kerajaan itu juga damai. Raja bijaksana dan selalu melindungi rakyatnya. Raja memiliki tujuh anak perempuan. Tujuh putri yang sangat cantik. Raja dan ratu yang benar-benar mencintai mereka. Putri mereka semua masih gadis.

Suatu sore yang indah. Raja dan keluarganya menghabiskan waktu mereka di taman. Tiba-tiba kepala prajurit datang. Dia mengatakan kepada raja berita yang sangat buruk.

"Yang Mulia! Seekor burung raksasa menyerang kerajaan kita. Burung itu menghancurkan sawah. Hal ini juga menyerang orang-orang. Banyak orang yang terluka," kata prajurit itu.

"Kita harus melakukan sesuatu. Siapkan tentara. Saya memerintahkan untuk menyerang," kata raja berani. Dia kemudian mengambil senjatanya dan memimpin tentara.

Ketika raja dan para prajurit tiba, mereka sangat terkejut. Burung itu sangat besar, sangat kuat dan kejam. Raja tidak igin menunggu lebih lama lagi.

Raja dan para prajurit bertempur dengan gagah berani. Pada awalnya, mereka tidak bisa memenangkan pertarungan. Namun mereka semua sangat berani. Perlahan burung raksasa menyerah. Ia sangat lelah dan berhenti menyerang. Orang-orang yang bahagia. Sesaat mereka aman dari burung.

Seminggu kemudian, kerajaan gelisah lagi. Kali ini seekor ular raksasa datang ke istana. Hebatnya ular bisa bicara seperti manusia. ular ingin bertemu raja dan keluarganya.

"Yang Mulia, nama saya Dandaung Snake. Aku di sini untuk menikahi salah satu dari tujuh putri Anda," kata ular.

Semua anak-anak perempuan berteriak. Mereka semua takut. Namun raja diam dan tenang. Dia tahu dia harus sangat berhati-hati. Dia mencoba mencari solusi.

"Saya tidak bisa memutuskan sekarang. Kita perlu membahasnya. Kembalilah besok," kata raja.

Ia berencana untuk memperpanjang waktu. Sementara itu ia juga harus meminta putrinya. Satu per satu raja meminta mereka, tetapi mereka semua menolak untuk menikah ular.

Raja itu putus asa. Ia takut ular itu akan menyerang kerajaannya, ia juga masih memiliki masalah dengan burung raksasa karena burung itu masih hidup. Ia bisa kembali dan menyerang kerajaan dan rakyatnya setiap saat.

Tiba-tiba putri bungsunya datang kepadanya.

Dia berkata, "Ayah, aku bersedia menikah ular. Aku takut ular akan marah dan menyerang kerajaan kita jika tak seorang pun ingin menikah dengannya. "

Raja itu tidak dapat berkata-kata. Ia sangat tersentuh dengan pengorbanan putri bungsunya ini. Lalu ia memerintahkan rakyatnya untuk mengadakan upacara pernikahan besar untuk putri bungsunya dan Ular Dandaung.

Pestanya meriah. Semua tamu bangga dengan putri termuda. Ketika semua orang bersenang-senang, tiba-tiba sesuatu yang aneh terjadi.

Dandaung Ular perlahan berubah menjadi pria yang sangat tampan. Dia melihat ke wajah putri termuda dan dia berkata.

"Jangan takut. Anda telah membantu saya dari kutukan. Seorang penyihir jahat mengutuk saya menjadi ular. Sebenarnya aku pangeran dan saya memiliki kekuatan gaib yang besar. "

Pangeran kemudian pergi. Dia tahu orang-orang yang masih takut dengan burung raksasa. Pangeran ingin membunuh burung. Dan akhirnya ia berhasil! Burung raksasa itu mati. Semua orang bahagia. Raja juga senang. Dia meminta pangeran untuk menjadi raja baru. Sejak itu kerajaan selalu damai. ***

The Borneo python (Python breitensteini)

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection