Buaya Liar

The Wild Crocodile >> English Version

Folklor dari Sumatera Selatan

Tolong!!! Tolong bantu saya!!!" seorang pria berteriak minta tolong.

"Ada apa? Apa yang terjadi?"

"Seekor buaya menyerang dan memakan sapi saya. Tolong bantu saya!" mohon pria itu.

"Membantu Anda? Tidak ada yang bisa membantu Anda. Tidak ada yang berani untuk menangani buaya."

"Tapi semua sapi saya akan hilang jika tidak ada yang membantu saya," pria itu tampak begitu sedih.

"Aku tahu .... Itu terjadi kepada saya juga. Buaya memakan ternak saya. Sekarang saya tidak punya apa-apa lagi," katanya sedih.

"Kita harus melakukan sesuatu. Jika tidak, buaya akan memakan semua ternak kami. Dan ketika semua ternak hilang, buaya akan memakan kita!"

"Anda benar. Masalah buaya ini telah sangat mengganggu. Kita harus memberitahu raja."

"Saya setuju. Mari kita pergi ke istana dan berbicara dengan raja."

Dan kedua orang itu akan ke istana. Mereka ingin memberitahu raja bahwa ada buaya-buaya yang berbahaya yang hidup di Sungai Musi. Ketika mereka lapar, buaya-buaya itu selalu memakan ternak rakyat. Orang-orang menjadi sedih. Tapi tidak ada yang bisa mereka lakukan. Semua orang sangat takut dengan buaya.

Kedua pria tiba di istana. Mereka berbicara tentang masalah mereka kepada raja.

"Saya mengerti bagaimana perasaanmu. Kita harus melakukan sesuatu untuk membuat buaya menghentikan perilaku liar mereka. Kita harus menjinakkan mereka. Kita perlu seorang penjinak," kata raja.

Penasihat raja berbicara, "Yang Mulia, saya tahu penjinak yang bagus. Dia bisa menjinakkan bahkan buaya liar. Tapi dia tinggal sangat jauh dari sini."

"Jemput dia sekarang. Pergilah dengan beberapa orang tentara dan ketika bertemu penjinak, katakan bahwa saya akan memberinya banyak emas jika ia dapat menjinakkan buaya," kata raja.

Penasihat raja dan tentara kemudian pergi ke rumah penjinak buaya. Setelah menghabiskan beberapa hari, mereka akhirnya tiba. Penjinak buaya setuju untuk membantu. Kemudian mereka segera kembali. Penjinak pergi ke Sungai Musi. Dia melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Semua buaya di Sungai Musi dapat dijinakkan! Mereka tidak menyerang ternak lagi. Semua orang memuji penjinak buaya.

"Ini luar biasa. Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat," kata raja.

"Terima kasih, Yang Mulia," kata penjinak dengan bangga.

"Aku punya rencana lain. Saya telah berjanji untuk memberikan Anda banyak emas jika Anda dapat menjinakkan buaya di Sungai Musi, dan sekarang saya akan memberi Anda lebih banyak emas jika Anda dapat menjinakkan buaya yang hidup di rawa di hutan," kata raja.

"Jangan khawatir, Yang Mulia. Saya dapat menjinakkan semua buaya. Hanya dengan membawa saya ke sana, dan saya akan menjinakkan buaya," kata penjinak tersebut.

Dalam perjalanan ke hutan, raja memerintahkan prajuritnya dengan misi khusus. Dan ketika mereka tiba, penjinak langsung melakukan pekerjaannya. Dia berhasil menjinakkan semua buaya.

"Aku punya permintaan lain. Dapatkah Anda membuat buaya menjadi liar lagi?" tanya raja.

"Itu mudah. ​​Aku akan membuat mereka bahkan lebih liar dari sebelumnya," kata penjinak tersebut.

Dan itu berhasil! Buaya menjadi lebih liar dari sebelumnya.

Tiba-tiba raja berkata, "Sekarang!" Dan para prajurit mendorong penjinak ke arah buaya. Dan buaya segera menyerang dan memakan penjinak!

"Yang Mulia, saya masih tidak mengerti mengapa kami harus mendorong dan membiarkan buaya memakan penjinak itu," tanya seorang tentara.

"Dengan kemampuannya yang besar dalam mengendalikan buaya, aku takut penjinak akan menggunakannya untuk menyerang kita. Kita tidak perlu khawatir, karena buaya di Sungai Musi sudah jinak sekarang," kata raja. ***

Sungai Musi

Jembatan Ampera tahun 1970 - 1971

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection