Legenda Sawah Lunto

The Legend of Sawah Lunto >> English Version

Cerita Rakyat dari Sumatra Barat

DAHULU kala di Lunto, Sumatera Barat, ada sebuah kerajaan yang bernama Sitambago Raya. Rakyat hidup bahagia. Tanah mereka subur dan cuaca selalu baik. Hal itu membuat orang-orang dari kerajaan lain menjadi cemburu.

Raja Sitambago tahu bahwa ia harus melindungi kerajaannya. Dia meminta semua orang di kerajaannya bergabung sebagai tentara. Dan raja mempersiapkan mereka untuk menjadi prajurit yang kuat.

Mereka dilatih setiap hari, siang dan malam. Mereka dilatih dengan banyak keterampilan, seni bela diri, dan juga bagaimana menggunakan senjata. Mereka harus siap untuk melawan ketika kerajaan lainnya menyerang mereka. Dan apa yang Raja Sitambago takutkan akhirnya menjadi kenyataan. Salah satu prajurit mengatakan kepadanya bahwa tentara dari Silungkang Raya akan menyerang mereka.

"Yang Mulia, saya melihat bahwa Raja Silungkang sedang mempersiapkan tentaranya," jelas prajuritnya.

"Apakah Anda yakin?" tanya Raja.

"Ya, Yang Mulia. Saya juga mendengar bahwa mereka akan menyerang kita segera."

"Hmm ... Aku tahu cepat atau lambat kita akan harus berjuang. Sekarang, saya ingin semua tentara harus siap. Mereka dapat menyerang kita setiap saat," kata Raja.

Raja Silungkang ingin memperluas kerajaannya. Dan ia benar-benar tertarik pada kerajaan Sitambago. Dia telah mendengar bahwa kerajaan itu begitu subur. Dia berharap dengan menaklukkan kerajaan itu, dia akan sangat kaya! Silungkang adalah sebuah kerajaan besar. Ini memiliki banyak tentara, dan mereka sangat berani dan kuat. Rajanya serakah. Ia tidak pernah merasa cukup atau puas.

Raja kerajaan Silungkang menyiapkan serangan. Dan dia memberi tentaranya senjata yang mematikan. Raja tidak bisa menunggu lebih lama lagi! Pagi-pagi mereka menyerang Kerajaan Sitambago.

Para prajurit dari Kerajaan Sitambago telah siap. Raja memimpin tentaranya dengan berani. Dan hal itu membuat tentara juga tidak takut. Mereka bertempur dengan gagah berani! Raja Silungkang terkejut. Dia mengira Kerajaan Sitambago tidak memiliki banyak tentara. Dan ia juga berpikir bahwa tentaranya pengecut! Ternyata dia salah!

Raja Silungkang kemudian memerintahkan prajuritnya untuk mundur. Dia merencanakan serangan lain. Mereka akan menyerang Kerajaan Sitambago dari banyak gerbang. Selain itu, ia meminta pasukannya untuk menggunakan senjata mematikan.

Pada hari berikutnya, tentara Silungkang Raya diserang lagi oleh Kerajaan Sitambago. Ini adalah perang yang mengerikan. Dan yang membuat banyak tentara tewas. Mereka telah perang selama beberapa hari tapi masih belum ada tanda-tanda bahwa perang akan berakhir.

"Ayo! Jangan menyerah! Kita harus mempertahankan kerajaan kita!" kata Raja Sitambago.

Para prajurit mendengar Raja mereka. Dan yang memotivasi mereka untuk melawan. Sementara itu Raja Silungkang juga memerintahkan prajuritnya untuk tidak menyerah!

"Sudah waktunya untuk menggunakan senjata mematikan kami! Gunakan sekarang!" kata Raja.

Kemudian para prajurit dari Silungkang menggunakan senjata mematikan. Hanya dalam satu menit, prajurit Sitambago tewas. Rajanya tidak menyerah. Sayangnya, ia juga ikut tewas.

Kerajaan Silungkang memenangkan perang. Namun, mereka kehilangan banyak tentara. perang telah membuat mereka menderita. Dan kerajaan itu dalam keadaan kacau yang sangat parah. Kemudian mereka kembali ke kerajaan mereka.

Setelah perang berakhir, orang-orang Sitambago mencoba untuk membangun kembali wilayah mereka. Mereka mencari nafkah dengan bertani. Mereka membuat banyak sawah. Dan karena kerajaan mereka berada di daerah Lunto, kemudian wilayah itu dikenal sebagai Sawah Lunto. ***

Sawah, Sumatra Barat, Indonesia

KA Wisata Padang Panjang - Sawahlunto

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection