Jantur dan Menur


Jantur and Menur >> English Version

Folklor dari Jawa Timur

Jantur dan Menur adalah saudara kembar. Jantur adalah anak laki-laki dan Menur adalah seorang gadis dan mereka memiliki kepribadian yang berbeda. Jantur pemalas, dia bisa marah dengan mudah. Dia selalu mengatakan kata-kata yang buruk ketika dia marah. Namun, Menur sangat baik, tekun, sabar dan selalu membantu orang tua mereka. Dia selalu mengingatkan kakaknya untuk berperilaku baik.
Dan dia mengatakan kata-kata yang buruk untuk Menur.

Menur sangat sedih. Dia menangis. Ketika orang tua mereka pulang ke rumah, Menur mengatakan kepada mereka tentang perilaku buruk Jantur. Ayahnya kemudian menasihatinya. Namun, Jantur tidak mau mendengarkan dia. Dia mengabaikannya, dan itu semakin parah. Jantur meminta orang tuanya dan adiknya meninggalkan rumah. Mereka sangat sedih. Mereka tidak pernah berpikir bahwa Jantur akan meminta mereka untuk meninggalkan rumah.

Setelah orang tuanya dan adiknya meninggalkan rumah, Jantur tinggal sendirian. Pada awalnya ia merasa sangat senang karena tidak ada yang mengganggunya. Dia bisa melakukan apa pun yang ia inginkan. Dia bahkan menghabiskan uang orang tuanya untuk hal-hal buruk. Ketika semua uang itu habis, ia menjual hewan, sapi, kambing, ayam dan ayam milik orang tuanya.

Sementara itu, Menur dan orang tuanya tinggal di tempat lain. Ketika mereka meninggalkan rumah, mereka tidak membawa apa-apa. Karena mereka bekerja sangat keras, mereka bisa membangun rumah baru dan mereka memiliki hewan baru. Mereka kaya.

Bagaimana Jantur? Kekayaan orang tuanya habis. Jantur malas, dia tidak ingin bekerja. Dia ingin memiliki banyak uang dengan cara yang mudah. Jadi dia menjual kekayaan terakhir yaitu rumahnya.

Setelah Jantur menjual rumah, ia menghabiskan uangnya lagi dengan sia-sia. Tidak mengherankan bahwa Jantur menjadi miskin lagi. Dia tidak punya uang dan dia tidak memiliki rumah. Tubuhnya sangat kurus. Dia menderita penyakit kulit, kulitnya penuh titik-titik hitam.

Jantur tidak mempunyai arah tujuan, ia hanya berjalan dan berjalan. Akhirnya, ia tiba di rumah orang tuanya. Menur berada di depan rumah menyapu lantai. Pada awalnya, mereka tidak mengenali satu sama lain. Menur berpikir bahwa Jantur adalah pengemis.

"Apa kau lapar? Sini, saya memiliki makanan," kata Menur.

Jantur senang. Dia begitu lapar sehingga dia tidak menyadari keberadaan adiknya. Namun Menur mengenalnya.

"Jantur? Apakah kamu saudaraku? Ayah, ibu, Jantur di sini !!" teriak Menur.

"Janturku, apa yang terjadi padamu?" Kata ibunya.

Jantur terkejut.

"Ibu, benarkah? Ayah, ibu, Menur! Mohon maafkan saya. Saya dihukum oleh Tuhan. Saya menderita penyakit, saya miskin, dan saya tidak memiliki rumah tinggal. Saya telah melakukan hal-hal buruk kepada Anda semua. Aku berjanji akan menjadi orang baik," janji Jantur.

Keluarganya sekarang bersatu kembali. Mereka telah mengampuni Jantur dan penyakit Jantur akhirnya sembuh. Dan seperti yang dijanjikan, Jantur menjadi orang yang sangat baik. ***



Ayo Baca Cerita yang Lain!

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection