Lemah Gempal

Lemah Gempal >> English Version

Folklor dari Jawa Tengah

HUJAN turun berhari-hari. Orang-orang di Semarang, Jawa Tengah, hanya tinggal di rumah dan tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka khawatir. Biasanya, ketika hujan turun lebat, banjir datang ke daerah mereka. Mereka berharap hujan akan segera berhenti. Hujan akhirnya berhenti. Sayangnya, daerah sudah dilanda banjir. Orang bekerja dan membantu satu sama lain. Mereka juga menyediakan makanan dan obat-obatan. Dan setelah beberapa hari, banjir sudah surut. Daerah itu kering. Namun ada begitu banyak lumpur dan sampah yang tersisa karena banjir.

Pada saat itu Belanda menduduki daerah. Mereka ingin memecahkan masalah. Mereka berencana untuk membuat saluran air. Fungsinya seperti sungai. Mereka berharap ketika air meluap di sungai, air akan mengalir melalui saluran dan mengalir ke laut. Mereka berencana untuk membangun dua saluran, satu di timur dan satu di barat.

Orang bekerja bersama-sama. Pada awalnya, mereka membangun saluran di sebelah timur. Mereka membutuhkan beberapa bulan. Mereka bekerja keras. Mereka bosan banjir. Dan mereka benar-benar berharap bahwa saluran akan membantu untuk memecahkan masalah banjir mereka.

Para penduduk desa menggali tanah secara horizontal. Jalur ini kilometer jauhnya. Ini terhubung sungai besar dengan laut. Dan setelah bekerja keras selama beberapa bulan, saluran di timur akhirnya selesai. Semua orang bahagia. Setelah itu, mereka akan membangun saluran di barat.

Mereka mulai menggali tanah. Pada awalnya berjalan dengan baik. Mereka menggali dan mereka menempatkan tanah di sisi permukaan saluran. Anehnya, sesuatu terjadi. Setelah mereka selesai menggali tanah dan ingin terus menggali horizontal, tanah di permukaan selalu jatuh dan meluncur.

Semua orang bingung. Mereka mencoba untuk menggali kembali tetapi setelah mereka selesai menggali, tanah di permukaan selalu jatuh dan meluncur.

"Apa yang harus kita lakukan? Kami tidak membuat kemajuan apapun," kata salah satu warga.

"Ya, Anda benar. Saya juga lelah melakukan hal yang sama lagi dan lagi," kata warga lain.

"Hei, kau tahu tentang Ki Sanak?"

"Siapa dia?"

"Dia adalah orang suci. Saya dengar dia bisa memecahkan masalah. Kenapa kita tidak pergi ke rumahnya dan berbicara tentang masalah kita?"

"Ya, Saya setuju! '

Beberapa penduduk desa pergi ke rumah Ki Sanak ini. Ketika mereka bertemu, mereka bercerita tentang masalah. Setelah Ki Sanak mendengar tentang masalah ini, ia meminta mereka untuk melakukan sesuatu.

"Aku ingin kau melakukan sesuatu. Ambil satu batu di setiap sisi rumah saya, satu di kiri dan satu di kanan. Bawa mereka di sini," tanya Ki Sanak.

Para penduduk desa mengambil dua batu, satu di sisi kiri rumah dan satu di kanan rumah. Kemudian Ki Sanak berdoa. Para penduduk desa melihat satu sama lain. Mereka bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya. Lalu, Ki Sanak berbicara.

"Bawa batu-batu ini. Masukan satu batu di setiap sisi saluran satu di sebelah kiri dan satu dari kanan," kata Ki Sanak.

Penduduk desa mengatakan terima kasih. Mereka segera kembali ke situs penggalian. Mereka mengatakan kepada penduduk desa lainnya tentang batu. Mereka menempatkan batu-batu di setiap sisi.

Hebatnya, tanah di permukaan berhenti jatuh ke bawah. Mereka semua bahagia. Mereka terus menggali dan menyelesaikan saluran. Akhirnya saluran itu benar-benar selesai. Dan ketika hujan turun, air mengalir melalui saluran. Berhasil! Daerah tidak banjir lagi.

Sementara itu, orang memberi nama area saluran barat sebagai Lemah Gempal. Lemah dalam bahasa Jawa berarti tanah; gempal berarti longsor atau bongkah. Lokasi ini ada di Semarang, Jawa Tengah. ***
Sumber Defenisi Lemah Gempal: welcometosemarang.blogspot.co.id

Candi Tugu, Semarang

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection