Kabelah

Kabelah: Perjalanan Menuju Kepedulian dan Transformasi



Kabelah >> English Version

Cerita rakyat dari Lampung

Beberapa waktu yang lalu. Tinggal seorang suami dan istri. Mereka sudah tua. Mereka belum punya anak. Setiap hari mereka berdoa kepada Tuhan untuk memberi mereka anak kecil. Nah, sang suami hampir berhenti berdoa kepada Tuhan. Dia berkata, "Ya Tuhan, kami sudah tua dan kami sangat ingin punya anak. Tolong beri kami anak kecil meski tubuhnya hanya setengah."

Hebatnya tidak lama setelah sang suami selesai sholat, isteri tersebut sedang hamil. Nanti mereka punya bayi laki-laki. Namun mereka kaget saat melihat bayi laki-laki mereka hanya memiliki setengah tubuh. Dia hanya memiliki satu mata, satu telinga, satu tangan dan satu kaki. Ya, tubuhnya hanya setengah!

"Apa yang ingin Anda namakan dia?" Tanya sang istri.

"Kabelah," jawab sang suami. Kabelah berasal dari kata sebelah yang berarti satu setengah.

Mereka merawat Kabelah dengan penuh cinta. Meski anak mereka terlihat sangat berbeda dengan anak-anak lain, mereka tidak memanjakannya. Sebaliknya, mereka mengajarkan kepadanya bagaimana bersikap mandiri. Kabelah menjadi pintar, membantu, dan taat kepada orang tuanya.

Kabelah tidak senang dengan hidupnya. Teman-temannya selalu mengolok-oloknya. Mereka selalu mengatakan bahwa Kabelah adalah makhluk aneh. Dia sering menangis di malam hari. Dia selalu berdoa dan meminta Tuhan untuk memberinya tubuh yang normal.

Suatu hari Kabelah memutuskan untuk mencari Tuhan.

"Saya ingin bertemu Tuhan, Ibu ... saya ingin meminta Tuhan untuk memberi saya tubuh yang normal."

Orang tua tidak bisa menghentikannya. Mereka hanya berharap anak mereka bisa selamat dalam perjalanannya menemui Tuhan. Kemudian Kabelah meninggalkan rumah dengan gembira. Dia yakin bisa bertemu dengan Tuhan.

Kabelah tiba di hutan. Dia melihat seorang pria tua sedang duduk diam di bawah pohon besar. Dia menyapa pria tua itu dengan sopan. Namun, orang tua itu marah!

"Kenapa kamu mengganggu saya! Tinggalkan aku sendiri !!!"

"Saya sangat menyesal saya hanya ingin bertanya dimana saya bisa bertemu Tuhan," jawab Kabelah dengan sopan.

"Ha ha ha Saya telah lama duduk di sini dan berdoa kepada Tuhan, tapi Tuhan tidak pernah datang kepada saya Sekarang pergi dan berhenti mengganggu saya!" Teriak orang tua itu dengan marah.

Kabelah meninggalkan orang tua itu dengan sedih. Dia tidak menyerah. Ia melanjutkan perjalanannya untuk menemukan Tuhan.

Kemudian dia bertemu dengan sekelompok pengemis! Mereka mencoba merampoknya! Tapi ketika mereka melihat tubuhnya, mereka merasa kasihan padanya dan mereka tersentuh ketika mereka mendengar bahwa Kabelah sedang berusaha untuk bertemu dengan Tuhan. Mereka akhirnya membiarkannya pergi.

Saat itu hampir gelap dan Kabelah tiba di sebuah gua. Dia sangat lelah dan ingin beristirahat di dalam gua. Setelah dia yakin gua itu aman, dia tidur.

Suara nyaring membangunkannya! "Apa yang kamu lakukan di sini?"

"Saya ingin bertemu Tuhan, saya ingin meminta Tuhan untuk memberi saya tubuh yang sempurna."

"Keinginan Anda dikabulkan, Anda bisa memiliki tubuh yang sempurna tapi Anda harus bersyukur dengan hidup Anda, Anda juga harus melakukan hal-hal baik kepada orang-orang. Anda bisa mulai dengan orang tua di hutan dan para pengemis yang Anda temui. Bahwa Tuhan adalah setiap tempat mengawasi kita. Beritahu mereka untuk mengubah perilaku buruk mereka! "

Sebuah keajaiban terjadi! Tubuh Kabelah perlahan menjadi normal. Dia memiliki dua mata, dua telinga, dua lengan, dan dua kaki. Dia sangat bahagia.

Kabelah meninggalkan gua. Sebelum dia pulang, dia mencari orang tua dan pengemis. Orang tua itu terkejut melihat bagaimana tubuh Kabelah telah berubah. Dia menerima saran Kabelah agar berperilaku baik. Para pengemis juga terkejut melihat Kabelah. Mereka juga menerima sarannya untuk menghentikan perilaku buruk mereka. Mereka tidak lagi menjadi pengemis dan mulai melakukan pekerjaan jujur.

Saat Kabelah tiba di rumah, orang tuanya sangat senang. Mereka sangat berterima kasih kepada Tuhan. Sejak saat itu Kabelah selalu bersyukur dengan nyawanya dan namanya pun berubah menjadi Syukur yang berarti bersyukur. ***



Rasa Syukur, Transformasi, dan Kepedulian: Pelajaran dari Kabelah

Pesan moral dari cerita ini adalah tentang rasa syukur, keberanian, dan kebaikan hati. Meskipun Kabelah lahir dengan tubuh yang tidak sempurna, dia tetap mencintai hidupnya dan berusaha untuk melakukan kebaikan kepada orang lain. Ketika dia memutuskan untuk mencari Tuhan dan berusaha untuk melakukan perubahan positif dalam hidupnya, dia diberikan keajaiban dan tubuhnya menjadi normal. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita miliki, memiliki keberanian untuk berubah, dan selalu berbuat baik kepada orang lain.





No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection