Putri Pandan Berduri

Putri Pandan Berduri >> English Version

Cerita Rakyat dari Riau

Seorang pria tua sedang dalam perjalanan menuju rumahnya. Namanya adalah Batin Lagoi. Dia adalah pemimpin di komunitasnya Dia sangat kaya dan berkuasa. Dia juga sangat bijak dan cerdas.

Sementara Batin Lagoi sedang berjalan, ia mendengar bayi menangis. Dia melihat sekeliling, mencari bayinya.

Batin Lagoi mendengar bahwa tangisan itu berasal dari pohon pandan. Perlahan ia mendekati pohon itu.

Orang tua itu sangat terkejut. Dia menemukan seorang bayi perempuan imut sedang menangis. Perlahan dia mengangkat bayi itu dan membawanya pulang.

Ia menamai bayi Putri Pandan Berduri. Putri berarti anak perempuan, Dia bernama Putri Pandan Berduri karena dia ditemukan di pohon pandan yang berduri.

Batin Lagoi mengangkat Putri Pandan Berduri sebagai anaknya sendiri. Dia juga mengajarinya tentang pengetahuan dan kebijaksanaan. Dia juga memberinya barang terbaik untuknya, seperti pakaian cantik dan perhiasan mahal.

Meski ayah tirinya selalu memberikan apapun yang dia inginkan Putri Pandan Berduri tidak tumbuh sebagai anak manja. Sebagai gantinya, dia menjadi gadis bijak. Dia juga pintar. Dia selalu ingin belajar sesuatu yang baru.

Suatu hari, Putri Pandan Berduri bertemu dengan seorang wanita tua. Dia membawa kayu bakar berat. Dia merasa sangat kasihan pada wanita tua itu. Dengan sopan dia menawarkan bantuan untuk membawa kayu bakar itu. Wanita tua itu sangat bahagia.

Saat mereka sampai di rumah wanita tua itu, Putri Pandan Berduri memintanya.

"Mengapa Anda mencari kayu bakar sendiri? Di mana suami atau anak-anak Anda?"

Wanita tua itu tampak sedih. Dia berkata, "Saya tinggal sendiri Suami saya telah meninggal sejak lama dan sayangnya, saya tidak mempunyai anak."

"Mengapa Anda tidak meminta tetangga Anda untuk membantu Anda mengumpulkan kayu bakar?" Tanya Putri Pandan Berduri.

Wanita tua itu tersenyum. "Saya tidak ingin merepotkan orang lain, jika saya masih bisa melakukannya, saya akan melakukannya sendiri."

Putri Pandan Berduri berpikir bahwa wanita tua itu sangat bijak. Dia ingin belajar darinya. Dia meminta izin ayahnya untuk tinggal di rumah wanita tua itu selama beberapa bulan. Awalnya, dia tidak setuju. Untungnya dia bisa meyakinkannya bahwa dia akan baik-baik saja dan kembali ke rumah dengan selamat.

Sejak saat itu, Putri Pandan Berduri tinggal di rumah wanita tua itu. Dia belajar banyak hal, seperti memasak, mengepel, dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Wanita tua itu juga memberikan nasihatnya tentang nilai-nilai kehidupan.

Meski melelahkan, Putri Pandan Berduri sangat senang. Wanita tua itu bersedia untuk mengajarinya apa saja. ***

Pohon Pandan

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection