Cilinaya


Cerita Rakyat dari Nusa Tenggara Barat

Suatu waktu, ada dua kerajaan. Mereka disebut kembar karena raja-raja adalah saudara. Mereka adalah Raja Daha dan Raja Keling. Kedua Raja belum memiliki anak. Mereka berjanji kepada Tuhan bahwa mereka akan melakukan sesuatu jika mereka dikaruniai anak.

"Aku akan memberi-Mu daun sirih," kata Raja Keling.

"Hanya itu saja kah? Anda hanya memberi daun sirih kepada Tuhan?" Mengejek Raja Daha.

"Tuhan, aku akan memberimu seekor sapi dengan tanduk emas," kata Raja Daha dengan sombong.

Kemudian istri mereka hamil. Dan pada saat bersamaan, sang ratu mengantar bayi mereka. Raja Keling memiliki bayi laki-laki tampan sementara Raja Daha memiliki seorang bayi perempuan yang cantik.

Dan mereka berjanji pada Tuhan. Raja Keling memberi kerbau kepada Tuhan dengan tanduk emas. Itu lebih dari yang dia janjikan kepada Tuhan. Namun, Raja Daha hanya memberi kerbau normal dan tidak memiliki tanduk emas. Raja Daha memberikan kurang dari yang dia janjikan kepada Tuhan.

Orang-orang telah memperingatkan Raja Daha. Mereka takut Tuhan akan marah. Dan sayangnya, hal itu terjadi! Tuhan mengirim angin kencang ke istana Raja Daha. Angin meniup bayi perempuan itu. Raja Daha sangat sedih tapi sudah terlambat.

Sementara itu, bayi perempuan itu mendarat di halaman depan sebuah rumah seorang petani. Dia sangat senang saat melihat seorang bayi perempuan cantik sedang tidur di halaman depan. Dia dan istrinya tidak punya anak. Kemudian mereka menamai gadis itu sebagai Cilinaya.

Cilinaya tumbuh sebagai gadis cantik. Dia baik dan membantu. Dan suatu hari saat dia sedang menyapu
Lantai, seorang pria tampan lewat. Nama pria itu adalah Pangeran Panji. Dia adalah putra Raja Keling!

Pangeran Panji jatuh cinta pada Cilinaya. Dia mengusulkannya untuk menjadi istrinya. Cilinaya juga mencintainya dan menerima lamaran pernikahannya. Kemudian mereka menikah dan Pangeran Panji ingin mengenalkannya pada ayahnya.

Raja Keling sangat kesal saat tahu anaknya menikah dengan orang biasa. Dia berharap Pangeran Panji akan menikahi seorang gadis dari keluarga bangsawan. Raja Ke1ing meminta tentaranya membunuh Cilinaya. Yah, dia hamil dan Raja Keling sedang menunggu sampai bayinya lahir.

Belakangan bayi itu lahir. Dan saat Pangeran Panji meninggalkan istana untuk berburu, tentara membunuh Cilinaya.

Raja Keling mengatakan kepada Pangeran Panji bahwa istrinya dibunuh oleh seorang penjahat. Pangeran Panji begitu sedih dan tiba-tiba dia mendengar bisikan. Suara itu mengatakan bahwa ia harus meletakkan mayat istrinya di peti mati dan memasukkannya ke sungai. Suara itu juga mengatakan bahwa ia akan bertemu istrinya lagi.

Kemudian air di sungai melayang peti mati. Itu berhenti di kerajaan Raja Daha. Dengan kekuatannya, Raja Daha menyembuhkan Cilinaya. Dan dia hidup kembali! Raja Daha dan istrinya tidak tahu bahwa Cilinaya adalah anak perempuan mereka. Mereka mencintainya dan memintanya untuk tinggal di istana.

Bertahun-tahun kemudian, King Daha mengadakan pesta. Dia juga menantang orang untuk adu ayam. Tidak ada yang bisa mengalahkan ayam King Daha. Dan seorang anak laki-laki datang. Namanya Pangeran Megatsih. Dia adalah putra Pangeran Panji dan Cilinaya!

Ayam Pangeran Megatsih mengalahkan ayam King Daha. Dan anehnya sang ayam menyanyikan sebuah lagu.

"Ayah Pangeran Megatsih adalah Prinje Panji dan ibunya adalah Cilinaya," sang ayam.

Orang-orang terkejut. Dan sudah jelas kapan Pangeran Panji datang. Dia sangat senang melihat istrinya dalam kondisi baik. Cilinaya juga senang bertemu suami dan anaknya lagi. Lalu dia memberi tahu Raja Daha tentang ayahnya. Cilinaya mengatakan bahwa petani itu bukanlah ayah kandungnya. Dia diberitahu bahwa angin meniupnya saat dia masih bayi.

Raja Daha begitu terkejut mendengarnya. Dia begitu yakin bahwa Cilinaya adalah putrinya. Dan Raja Keling juga menyesali kelakuan buruknya. Dia meminta maaf karena telah meminta tentara untuk membunuh Cilinaya. Cilinaya memaafkan mereka semua. Sejak itu ia hidup bahagia bersama suami dan anaknya. ***

Berapan Kebo

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection