Drum Tradisional Ajaib

 The Magic Traditional Drum | English Version

Cerita Rakyat dari Riau

Pada suatu waktu di Kerajaan Pelalawan, Riau, tinggallah seorang nelayan miskin bersama istri dan anak-anaknya. Sang nelayan memiliki kemampuan khusus. Dia bisa menyembuhkan orang sakit. Orang sangat menyukainya. Nelayan itu baik dan bermanfaat. Dia tidak pernah meminta apapun saat dia menyembuhkan orang sakit.

Bagaimana nelayan bisa menyembuhkan orang sakit? Nah, dia menggunakan drum tradisional ajaib. Dia mengeja beberapa kata ajaib dan kemudian memukul drum ajaib dengan harmonis. Dan itu selalu berhasil! Orang sakit selalu disembuhkan setelah mereka mendengar irama gendang.

Sang nelayan mendapat ketrampilan dari gurunya. Gurunya mengatakan bahwa drum ajaib bisa melakukan apapun bahkan menghidupkan kembali orang mati. Namun dia tidak diijinkan melakukan itu, dia hanya bisa menyembuhkan orang sakit. Jika dia menggunakan drum untuk mengembalikan korban, nelayan akan mati!

Nelayan itu sangat terkenal. Setiap hari orang sakit selalu datang ke rumahnya untuk meminta pertolongannya. Meski ia menjadi sangat terkenal, sang nelayan masih rendah hati. Dia selalu melakukan pekerjaannya sebagai nelayan.

Suatu hari seorang tentara datang ke rumah nelayan. "Raja ingin bertemu denganmu sekarang," kata si tentara. Nelayan kemudian mengikuti prajurit ke istana.

"Bagaimana saya bisa membantu Anda, Yang Mulia?" Tanya si nelayan kepada raja. "Saya mendengar Anda memiliki drum ajaib yang bisa menyembuhkan orang sakit. Saya ingin Anda melakukan sesuatu untuk saya," kata sang raja.

"Apa yang Anda ingin saya lakukan, Yang Mulia?"

Raja menarik napas panjang.

Dia menatap nelayan itu dengan tajam lalu berkata, "Putri saya baru saja meninggal, saya sangat mencintainya dan saya tidak ingin kehilangan dia, saya ingin Anda menggunakan drum Anda untuk menghidupkan kembali anak perempuan saya."

Si nelayan sangat terkejut saat mendengar perintah raja tersebut!

"Saya tidak bisa melakukan itu, Yang Mulia, saya tidak diperbolehkan melakukan itu," kata si nelayan dengan gugup.

"Saya tidak peduli, jika Anda tidak membantu saya, saya akan menggantung Anda dan keluarga Anda!" Teriak raja.

Nelayan itu terdiam. Dia dalam dilema besar. Dia mencintai keluarganya dan dia tidak ingin mereka mati.

"Baiklah, Yang Mulia ... saya akan membantumu," kata si nelayan lemah.

Raja membawa nelayan itu ke kamar tidur putrinya. Dia terbaring di tempat tidur. Sang nelayan sedang duduk di sampingnya. Dia mengucapkan kata-kata ajaib sihir dan mulai memukul drum dengan harmonis. Setelah beberapa saat, sang putri menggerakkan tangannya. Ya, putri raja sudah hidup kembali! Raja sangat senang. Dia memeluk putrinya.

Si nelayan diam-diam meninggalkan istana. Dia pergi ke rumahnya dan berbicara dengan keluarganya tentang Putri yang mati

 "Saya sudah melanggar saran guru saya dan saya tidak akan melihat Anda lagi."

"Bisakah kita bertemu denganmu lagi?" Tanya istrinya sedih.

"Ya kamu bisa. Saat hujan, pergilah ke Sungai Selempaya dan Anda bisa melihat saya lagi di sana," kata sang nelayan,

Lalu ia membawa drumnya, pergi ke sungai dan mendayung sampannya.

Di sungai, ia menjatuhkan drumnya dan ia tenggelam. Pelan-pelan si nelayan lenyap. .

Beberapa hari kemudian hujan turun. Istri nelayan dan anak-anaknya pergi ke sungai. Dari jauh
Mereka melihat gambar nelayan bermain dan memukul drum. Mereka sangat bahagia, setidaknya untuk sesaat mereka bisa melihatnya.

Sampai saat ini masyarakat masih percaya bahwa nelayan masih 'hidup', di sungai Selempaya. Mereka sering mendengar suara drum yang dimainkan saat hujan turun. ***

Gendang

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection