Kucing dan Harimau



The Cat and the Tiger | English Version

Cerita Rakyat Dari Lampung

DAHULU, hewan-hewan bisa saling berbicara. Mereka berbicara seperti manusia yang berbicara dengan manusia lain. Semua binatang hidup damai di hutan. Mereka memiliki raja, dan raja mereka adalah seekor kucing.

Semua binatang memilih kucing sebagai rajanya karena dia memiliki semua pengetahuan dan keterampilan. Dia adalah hewan yang paling bijaksana dan terpintar di hutan. Hewan lainnya menjadi muridnya. Kucing itu binatang yang murah hati dan baik hati. Dia bersedia mengajari mereka segalanya.

Baca juga: Harimau yang Setia

Salah satu murid kucing adalah harimau. Dia adalah murid yang paling patuh. Apapun gurunya minta, harimau itu selalu mau melakukannya. Siang dan malam, harimau itu bersama si kucing. Dia ingin menguasai semua kemampuan kucing. Dia ingin menjadi binatang terbaik di hutan.





"Tuan, ada satu keterampilan yang belum pernah Anda ajarkan kepada saya," kata si harimau.

"Yaitu keterampilan memanjat pohon, Anda pandai memanjat pohon, Tuan. Dan saya ingin memiliki keahlian itu," kata si macan.

Sebenarnya kucing itu memiliki firasat buruk pada harimau. Kucing itu tidak benar-benar percaya ketulusan harimau itu untuk menjadi muridnya. Kucing itu tidak mau mengajari dia keterampilan memanjat pohon. Ia merasa harimau itu akan menjadi hewan super jika ia menguasai keahlian tersebut.

Si kucing tahu potensi harimau. Karena itu ia selalu mengundur permintaan harimau.

"Anda harus menunggu, Anda belum siap untuk belajar bagaimana memanjat pohon. Biarkan saya mengajari Anda keterampilan lain, yaitu cara menyelinap," kata si kucing.

Dalam waktu yang sangat singkat, harimau menguasai keterampilan itu. Dia bisa menyelinap dengan sempurna. Dia sangat senang. Lalu dia meminta gurunya untuk mengajarinya cara memanjat pohon. Dan lagi kucing itu menunda permintaan muridnya.

"Tunggu, kamu belum menguasai keahlian berenang," kata si kucing.

Ia berharap harimau itu tidak bisa mempelajari keahliannya dengan mudah. Dia tahu sangat sulit untuk belajar berenang. Tapi kucing itu salah. Memang, harimau itu binatang yang hebat. Dia bisa menguasai berenang dalam waktu singkat.

Harimau menjadi gelisah. Ia merasa gurunya tidak mau mengajarinya cara memanjat pohon. Namun dia tetap menyimpan perasaannya di dalam hatinya. Dan saat kucing itu menunda lagi permintaannya untuk mengajarinya cara memanjat pohon, harimau menjadi sangat marah.

"Guru, saya adalah murid terbaik Anda Dan tidak hanya itu, saya adalah murid yang paling patuh dibandingkan dengan hewan lain, saya selalu berada di samping Anda berhari-hari dan saya bersedia melakukan apapun yang Anda tanyakan kepada saya. Kenapa Anda tidak mengajari saya cara memanjat pohon?" Tanya si macan.

Si kucing tahu dia tidak bisa selalu menyembunyikannya lagi. Cepat atau lambat dia harus mengatakan yang sebenarnya.

"Murid saya, saya punya alasan, saya tidak benar-benar percaya pada anda, saya takut anda akan menggunakan keahlian itu untuk melakukan sesuatu yang buruk," jelas si kucing.

"Apa?!" Harimau itu marah

"Ajari aku sekarang! Kalau tidak, aku akan membunuhmu!"

Harimau itu menyerang kucing. Dan pertarungan tak bisa dihindari. Harimau itu lebih besar dan memiliki kekuatan lebih besar dari pada kucing. Pelan-pelan kucing itu terpojok, dan dia tidak punya pilihan selain menyelamatkan dirinya sendiri.

Kucing itu lari dan saat menemukan pohon besar dia langsung memanjatnya. Harimau mengejarnya, tapi karena dia tidak tahu bagaimana memanjat pohon, dia hanya menunggu di bawah pohon.

Harimau itu berteriak, "Ke mana pun Anda pergi, saya akan mengejar Anda Dan tidak hanya itu! Saat Anda buang air besar, saya akan memakan kotoranmu!"

Harimau itu pernah mendengar bahwa kekuatan kucing itu ada di tinjanya.

Dan hal itu telah terjadi sampai sekarang. Karena itulah setiap kali kucing buang air besar, kucing selalu menguburkan kotorannya dengan pasir atau tanah. Kucing takut harimau akan memakan kotorannya! ***

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection