Kuda Kuningan

Foto : Kuda Kuningan di peternakan desa Cijihok



Sejarah

Kuda Kuningan, juga dikenal sebagai Kuda Jaipong atau Kuda Kepang Kuningan, merupakan salah satu jenis kuda legendaris yang berasal dari daerah Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Sejarah Kuda Kuningan tidak terlalu jelas dan masih menjadi bagian dari tradisi dan kepercayaan masyarakat setempat.

Kuda Kuningan biasanya terkait dengan tradisi tari Kuda Kepang atau Jaipongan, yang merupakan salah satu bentuk seni pertunjukan yang khas di daerah Kuningan dan sekitarnya. Tarian ini melibatkan penari yang menunggangi replika kuda dari anyaman bambu yang dilengkapi dengan hiasan dan warna yang khas.

Secara tradisional, Kuda Kuningan dikaitkan dengan kekuatan spiritual dan kehadiran roh-roh leluhur. Dalam beberapa upacara adat di Kuningan, Kuda Kuningan dianggap sebagai medium yang menghubungkan dunia manusia dengan dunia gaib. Dalam tarian Kuda Kepang, penari dikatakan masuk ke dalam keadaan trance atau berada di bawah pengaruh roh-roh yang menguasai kuda.

Meskipun sejarah asli Kuda Kuningan tidak dapat dipastikan, tradisi dan keberadaannya telah melahirkan warisan budaya yang kuat di daerah Kuningan. Tarian Kuda Kepang dan keberadaan Kuda Kuningan menjadi bagian penting dari identitas budaya dan seni daerah tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa informasi lebih lanjut mengenai sejarah dan makna Kuda Kuningan dapat ditemukan melalui sumber-sumber lokal, ahli budaya, atau lembaga budaya setempat yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tradisi dan kepercayaan masyarakat Kuningan.


Ciri-ciri Kuda Kuningan

Kuda Kuningan, atau Kuda Jaipong/Kuda Kepang Kuningan, memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari Kuda Kuningan:
  • Bentuk Kuda: Kuda Kuningan biasanya berbentuk replika kuda yang terbuat dari anyaman bambu. Replika tersebut memiliki ukuran yang besar dan biasanya dihiasi dengan hiasan-hiasan seperti kain warna-warni, manik-manik, atau kain kuning yang melambangkan keunikannya.
  • Warna Kuning: Seperti namanya, Kuda Kuningan memiliki warna kuning yang mencolok pada tubuhnya. Warna kuning ini dianggap sebagai warna yang sakral dan melambangkan kekuatan spiritual.
  • Hiasan Tambahan: Selain kain dan manik-manik, Kuda Kuningan juga sering dihiasi dengan hiasan-hiasan tambahan seperti daun kelapa, bulu burung, atau hiasan-hiasan alam lainnya. Hiasan-hiasan ini menambah keindahan dan kesakralan Kuda Kuningan.
  • Gerakan Tari: Kuda Kuningan dipertunjukkan dalam tarian Kuda Kepang atau Jaipongan yang memiliki gerakan khas. Para penari yang menunggangi Kuda Kuningan akan menampilkan gerakan lincah dan energik sesuai dengan ritme musik yang mengiringi.
  • Makna Spiritual: Kuda Kuningan memiliki makna spiritual yang dalam dalam tradisi dan kepercayaan masyarakat Kuningan. Dalam beberapa upacara adat, Kuda Kuningan dianggap sebagai medium yang menghubungkan dunia manusia dengan dunia gaib, dan penari yang menungganginya dianggap sedang berkomunikasi dengan roh-roh leluhur.
Ciri-ciri tersebut mungkin dapat berbeda-beda tergantung pada variasi dan interpretasi lokal. Penting untuk dicatat bahwa informasi lebih lanjut mengenai ciri-ciri Kuda Kuningan yang spesifik dapat ditemukan melalui sumber-sumber lokal dan ahli budaya di daerah Kuningan, Jawa Barat.


Kuda Perang Kuningan Dalam Kenangan

Kuda Windu menjadi bagian sejarah yang tak terpisahkan dari sejarah Kabupaten Kuningan. Kuda perang ini menjadi ikon yang terlihat di setiap gapura pemerintahan hingga logo seragam. Namun, kuda perang ini kini tinggal cerita. Yang kini tersisa adalah kuda-kuda penarik delman.

Menelusuri Kuningan, mencari jejak kuda perang Windu, bukan hal mudah. Meski dalam data Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan disebutkan populasi kuda mencapai 605 ekor pada 2008, semua kuda itu adalah kuda delman yang tidak diternakkan di Kuningan.

Iking Sakri (51), salah seorang sesepuh kusir yang tinggal di Lebak Kardin, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, mengakui, kuda merupakan sarana transportasi utama di kota Kuningan sejak ia lahir. Ia sendiri sudah memulai menarik delman sejak tahun 1971. "Zaman saya dulu, delman ada di mana-mana. Mungkin jumlahnya ribuan. Jalanan kota yang naik turun membuat delman menjadi alat transportasi yang paling mungkin saat itu," katanya, Jumat (24/4).

Kuda di Kuningan selama ini hanya diperuntukkan sebagai penarik delman. Hanya sesekali kuda itu digunakan sebagai kuda pacuan.

"Biasanya setiap tahun ada balapan kuda. Pesertanya, ya, kami-kami ini," kata Wawan, kusir kuda yang pernah memenangi lomba pacuan kuda di Kuningan.

Selain untuk pacuan, kuda pun masih digunakan dalam setiap penyelenggaraan saptonan. Saptonan merupakan adu ketangkasan menunggang kuda bagi para tumenggung atau pejabat kerajaan pada zaman dulu. Dalam permainan ini para pejabat itu menunggang kuda sambil menombak air di dalam ember yang digantung pada dua tiang bambu. Pemenangnya adalah yang bisa menjatuhkan air dalam ember dengan tombak.

Hingga saat ini saptonan masih dilangsungkan setiap tahun, tetapi dilakukan oleh pejabat di kabupaten. Kuda yang digunakan biasanya adalah kuda sewaan dari para kusir," kata Iking.


Kuda perang

Delman masih menjadi angkutan umum di Kuningan. Penumpangnya kebanyakan orang-orang yang baru selesai belanja atau turis yang hanya mau berkeliling kota. Kalau kuda Kuningan meman kelihatan kecil-kecil. Ini ada sejarahnya. Dulu penjajah Belanda memang hanya member izin kuda bertubuh kecil sebagai delman untuk pribumi. Ini supaya tidak menyaigi kuda asal Eropa milik Kompeni yang tubuhnya besar-besar. Meski demikian, Kuda kuningan jangan dianggap enteng, karena ini kuda yang gesit dan staminanya bagus.

Kuda Kuningan pada abad XV dikenal sebagai kuda perang. Tidak banyak buku sejarah yang menceritakan keberadaan kuda di Kuningan. Dr Edi Ekadjati (alm) dalam bukunya, Sejarah Kuningan: dari Prasejarah hingga Terbentuknya Kabupaten, menyebutkan, kuda peliharaan Dipati Ewangga, panglima pasukan di Kuningan, yakni Si Windu, merupakan kuda perang yang tangguh meski berbadan kecil. Dan ada yang beranggapan bahwa si Windu adalah asal usul kuda Kuningan.

Dalam dokumen riwayat singkat hari jadi kota Kuningan juga disebutkan, Windu ikut dalam perjalanan perang Adipati Kuningan guna bertempur untuk Kerajaan Cirebon menundukkan Galuh. Windu ikut pula berperang dan mendirikan pemerintahan Wiralodra di Indramayu. Bersama dengan Cirebon, pasukan Kuningan ini juga menggempur Sunda Kelapa dan turut mendirikan pemerintahan Jayakarta. Setelah itu, tidak ada lagi yang menuliskan tentang kuda Kuningan dan penerusnya.

Dari kemenangan pertempuran ini makanya sampai sekarang ada istilah letik-letik kuda Kuningan. Keturunan Windu inilah yang disebut kuda Kuningan.

Si Windu lalu menjadi Maskot di kabupaten Kuningan yang kemudian dibuat tugu berupa patung berwujud si Windu.

Lia Priliawati, Kepala Seksi Produksi Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Kabupaten Kuningan, mengatakan, keberadaan kuda Kuningan secara genetis tidak pernah diteliti.

Nursamsi, Kepala Monitoring dan Evaluasi Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Kabupaten Kuningan, juga mengatakan, kuda Kuningan yang ikut berperang diperkirakan merupakan kuda peranakan dari Bima. Pada zaman keadipatian, yakni abad XV, menurut dia, ada peternakan kuda di Ciniru.

"Kuda-kuda itu didatangkan dari Bima, dibawa dengan kapal melalui Pelabuhan Cirebon," katanya. Namun, keturunan dari kuda Bima yang menjadi tunggangan panglima perang Kuningan itu tak bisa dilacak.

Kuda-kuda di Kuningan saat ini, menurut Lia, adalah kuda campuran. Dilihat dari asalnya, kuda tersebut berasal dari berbagai kota. "Kuningan sendiri tidak mempunyai peternakan kuda. Jadi, kuda di sini hanya hasil dari jual beli," ujarnya.

Tak jarang para kusir pun tak tahu asal-usul genetis kuda miliknya. Rano (22), kusir delman, adalah salah satunya. Ia hanya tahu kuda putihnya masih muda karena gigi taringnya belum panjang. Kuda perang Kuningan kini memang hanya sebatas cerita, berganti dengan kuda delman yang berasal dari berbagai kota.

Di desa Cijohok lingkungan Manis masih ada peternakan kuda Kuningan yang biasa digunakan untuk delman-delman di Kuningan. Hanya saja kebanyakan juga sudah campuran dari kuda Kuningan dengan kuda jenis lain.

Kuda Kuningan menjadi kebanggan warga Kuningan dan mereka berharap agar Kuda Kuningan bisa lebih diperhatikan lagi dan dilestarikan. Jangan sampai kuda Kuningan jangan hanya sebatas kenangan akan patung si Windu.



No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection