Legenda Putri Mambang Linau

Sumpah Putri Mambang Linau: Kisah Pengorbanan dan Akibatnya


The Legend of Putri Mambang Linau | English Version

Asal Usul Tari Olang-olang (Elang-elang)

Cerita Rakyat dari Riau


BUJANG Enok sedang mengumpulkan kayu api di hutan. Dia ingin menjualnya di pasar. Tiba-tiba, seekor ular ada di depannya. Dia mencoba membunuh ular itu dengan kayu. Dan dia melakukannya! Ular itu mati. Lalu ia mendengar suara wanita berbicara.

"Ular sudah mati, kita aman sekarang."

Suara itu dari sungai yang tidak jauh dari hutan. Dia mengabaikan suara itu. Saat itu tengah hari, Bujang Enok pulang. Saat sampai, ia melihat rumah itu bersih dan rapi. Makanan juga disajikan! Dia benar-benar bingung.

Keesokan harinya, terjadilah lagi. Rumah itu bersih dan dia makan di atas meja. Dia ingin tahu siapa yang melakukannya. Jadi, keesokan harinya dia bersembunyi di semak-semak di depan rumahnya.
Setelah menunggu, kemudian ia melihat tujuh gadis cantik sedang memasuki rumahnya. Mereka semua memakai selendang berwarna-warni.

Bujang Enok mengintip dari balik jendela. Dia melihat ketujuh gadis itu melakukan pekerjaan rumah tangga. Kemudian, mereka meninggalkan rumah. Bujang Enok mengikuti mereka.

Gadis-gadis itu pergi ke sungai, mereka berbicara. Bujang Enok mengingat suaranya saat sedang mengumpulkan kayu. Itu suara mereka.

Gadis-gadis itu sedang mandi. Mereka menempelkan selendang mereka di sisi sungai. Bujang Enok mengambil salah satu dari mereka. Setelah mereka selesai, gadis-gadis itu mengenakan selendang mereka. Namun, salah satu dari mereka tidak bisa menemukan selendangnya.

"Maaf, kami harus pulang sekarang. Temukan selendangmu dan segera pulang setelah Kamu menemukannya," kata seorang gadis.

Gadis yang kehilangan selendang itu benar-benar sedih. Saudara perempuannya mengenakan selendang kemudian mereka terbang. Mereka adalah bidadari.

Bujang Enok melihat gadis-gadis itu terbang dan dia terkejut. Lalu dia mendatangi gadis itu.

Dia bertanya, "Apakah Anda melihat selendang saya? Jika Anda memberikannya kepada saya, saya akan melakukan apapun untuk Anda. "

"Ya, saya lakukan. Dan saya akan memberikannya kepada anda jika anda menikah dengan saya," kata Bujang Enok. Dia jatuh cinta dengan malaikat cantik ini.

"Baiklah, nama saya Putri Mambang Linau. Aku akan menikahimu, tapi tolong jangan minta aku untuk berdansa. Jika saya menari, saya akan meninggalkan Anda dan saya akan kembali ke rumah di langit. "

Setelah itu Bujang Enok dan Putri Mambang Linau sudah menikah. Mereka memiliki kehidupan yang bahagia, dan tak lama kemudian Bujang Enok menjadi orang kaya. Dia sangat bermurah hati.

Dia selalu membantu yang membutuhkan. Ia menjadi terkenal. Raja mendengar kabar tentang Bujang Enok. Dia mengundang Bujang Enok dan istrinya ke istana. Ada upacara di sana. Dalam upacara tersebut semua wanita harus menari. Bujang Enok sangat bingung. Dia sudah berjanji pada istrinya untuk tidak memintanya berdansa, tapi dia harus menghormati sang Raja. Kemudian dia memutuskan untuk memintanya berdansa.

Putri Mambang Linau sedih. Sebenarnya dia mencintai Bujang Enok, tapi dia tahu suaminya sangat menghormati raja. Lalu Putri Mambang Linau menari. Dia memakai selendangnya. Dia menggerakkan tangannya seperti seekor elang yang mengibaskan sayapnya. Perlahan tubuhnya naik. Dia terbang.

Semua orang terkejut. Raja bertanya kepada Bujang Enok siapa dirinya. Bujang Enok menjelaskan semuanya. Raja benar-benar tersentuh. Dia sangat terkesan dengan pengorbanannya. Untuk menghormatinya, ia meminta gadis-gadis menari seperti tarian Putri Mambang Linau.

Karena gerakan itu seperti seekor elang terbang, maka tarian itu diberi tari elang-elang. Sampai sekarang, orang masih melakukan tarian. Namun, namanya berangsur-angsur berubah menjadi tari olang-olang. ***

Pesan moral; pengorbanan, menghormati janji, dan menerima konsekuensi dari tindakan

Cerita ini menyoroti pentingnya menjaga kata-kata yang diucapkan dan mempertimbangkan konsekuensi dari janji yang dibuat.

  1. Pengorbanan: Putri Mambang Linau melakukan pengorbanan besar karena cinta pada suaminya, Bujang Enok, meskipun ia harus meninggalkan dunianya jika menari. Pengorbanan ini menunjukkan bahwa cinta bisa membuat kita rela mengorbankan sesuatu yang berharga.
  2. Menghormati Janji: Bujang Enok berjanji untuk tidak meminta istrinya menari, namun tekanan dari raja membuatnya melupakan janji tersebut. Ini menunjukkan bahwa kita harus menjaga janji-janji kita, bahkan di bawah tekanan yang besar sekalipun.
  3. Menerima Konsekuensi: Putri Mambang Linau menerima akibat dari tindakan Bujang Enok yang meminta dia menari. Ini adalah pelajaran bahwa tindakan kita memiliki konsekuensi, dan kita harus siap menerima akibat dari pilihan yang kita buat.

Dengan menerima konsekuensi dari perbuatan mereka, cerita ini menegaskan nilai-nilai kesetiaan, integritas, dan kesadaran akan tindakan yang diambil.


Sayap Tradisi: Putri Penari dari Riau


No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection