Raja dan Hantu (Kisah Hantu Pirau)

The King and the Ghost | English Version

Cerita rakyat dari Jambi

DAHULU, ada sebuah kerajaan di Jambi. Rajanya begitu kuat. Dia selalu melindungi bangsanya. Ia menguasai seni bela diri dan kekuatan supernatural. Kerajaan itu begitu damai. Kerajaan lainnya tidak pernah punya rencana untuk menyerang. Tidak ada penjahat. Raja akan menghukum siapapun yang melakukan pelanggaran hukum.

Sayangnya, kehidupan damai mereka kemudian terganggu. Bukan oleh kerajaan lain yang menyerang Jambi maupun penjahat, namun oleh hantu! Hantu datang dan mengganggu kehidupan masyarakat! Orang-orang menyebut hantu itu sebagai Hantu Pirau.

Hantu juga datang di senja hari, saat matahari terbenam dan hari sudah hampir gelap. Si hantu hanya metakuti anak-anak yang masih bermain di luar rumah mereka. Si hantu tidak pernah menakut-nakuti orang dewasa. Saat anak-anak melihat hantu itu, mereka selalu menjerit. Mereka sangat ketakutan!

Orang-orang dewasa begitu marah dengan hantu itu. Mereka telah mencoba banyak cara untuk menangkap hantu tapi mereka tidak pernah berhasil.

Salah satu dari mereka punya ide. "Mengapa kita tidak menceritakan masalah ini kepada raja kita? Dia sangat berkuasa kan? Mari kita minta bantuannya."

"Saya setuju, saya pikir masalah ini bisa diatasi hanya oleh raja, ayo pergi ke istana," kata orang lain.

Dan sebagian besar orang tua datang ke istana. Mereka sangat kecewa dengan hantu ini. Hantu itu membuat anak mereka tidak bisa tidur dan membuat banyak anak sakit. Orang tua benar-benar ingin menangkap hantu dan menyingkirkannya dari tempat mereka.

"Yang Mulia, kami punya masalah besar, kami butuh bantuan Anda."

"Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?" Tanya raja dengan bijak.

"Hantu sering mengganggu anak-anak kami, datang di senja hari dan membuat anak-anak ketakutan. Kami tidak tahu harus berbuat apa, Yang Mulia."

"Jangan khawatir, saya tahu bagaimana cara menangkap hantu, sekarang saya ingin Anda mempersiapkan jaring ikan, letakkan di depan rumah Anda," kata raja

Orang tua tidak mengerti mengapa mereka harus memasang jaring ikan di depan rumah mereka, namun mereka tetap melakukannya.

Nanti semua jaring ikan sudah ada di depan rumah. Di malam pertama, tidak ada yang terjadi. Mereka masih menunggu. Di malam kedua, tidak ada yang terjadi. Dan akhirnya di malam ketiga, di salah satu jaring ikan ada yang tertangkap.

Makhluk itu tampak seperti manusia namun begitu kecil dan terlihat sangat menyeramkan. Makhluk itu juga bisa berbicara dengan manusia.

"Hei lepaskan aku sekarang!" Kata makhluk itu.

"Saya tahu suaranya," kata seorang pria.

"Saya pikir kita baru saja menangkap Hantu Pirau, mari kita laporkan ini kepada raja!"

Kemudian raja tiba. Dia membawa pedang.

"Hmm ... jadi inilah hantu yang sering menakut-nakuti anak-anak" kata sang raja.

Dia melanjutkan, "Saya akan membunuh hantu itu dengan pedang saya sekarang!"

Tiba-tiba, hantu itu menjerit.

"Tidak, tolong jangan bunuh aku, aku akan melakukan apapun asalkan Anda tidak membunuhku," kata hantu itu.

"Apakah kamu berjanji?" Tanya raja.

"Saya berjanji, Yang Mulia," kata hantu itu.

"Baiklah, saya ingin Anda meninggalkan kerajaan kita sekarang dan tidak akan pernah kembali lagi. Dan jika saya mendengar Anda di sini lagi, saya akan membunuh Anda!" Kata raja

"Saya berjanji, saya akan meninggalkan kerajaan sekarang," kata hantu itu.

Dan hantu itu benar-benar meninggalkan kerajaan. Dia menepati janjinya untuk tidak kembali ke kerajaan lagi. Sejak itu orang hidup bahagia. Namun orang tua masih melarang anak mereka bermain di luar saat hari gelap. Mereka meminta anak-anak mereka untuk tinggal di rumah. ***

Malam hari

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection