Kuda Ras Terkenal di dunia

Dengan adanya domestikasi, terciptalah bermacam-macam ras kuda di dunia. Diantaranya ada yang ditetapkan sebagai keturunan murni atau dengan menyilangkan dengan ras kuda lain sehingga menghasilkan keturunan kuda yang lebih baik. Ras yang sudah terkenal di dunia antara lain kuda Sumba, Kuda Thoroughbred, Akhal-Teke, Kuda Mongolia, Kuda Arab dan lain sebagainya.

Kuda Akhal-Teke 

Akhak –Teke adalah ras kuda yang berasal dari Turkmenistan, yang merupakan lambang negara. Ia terkenal kerena postur yang bagus, gesit, cerdik, serta unik dengan bulu yang 'berkilat', sehinggga dikenali dengan julukan "Kuda Emas".

Kuda Akhal-Teke

Kuda Kuda ini sesuai dengan keadaan iklim yang ekstrim, juga dipercayai sebagai salah satu kuda ras tertua yang masih ada. Kini terdapat sekitar 6,600 ekor kuda Akhal-Teke di dunia, terutama sekali di Turkmenistan dan Rusia, bahkan juga di seluruh Eropah dan Amerika Utara.


Kuda Arab 

Kuda Arab adalah salah satu jenis ras kuda yang berasal dari daerah Arab, dipelihara orang untuk berbagai keperluan. Karena posturnya yang tinggi, performa yang istimewa yaitu ketahanan tubuh prima, kecerdasannya, lincah maka kuda arab dipakai juga untuk berperang. Kuda arab juga menjadi peliharaan orang-orang suku pengembara Baduwi di daerah padang pasir Semenanjung Arab.

Kuda Arab

Kuda arab telah diakui diseluruh dunia bahwa mereka adalah kuda asli Arab yang dapat ditelusuri sejak 3000 tahun yang lalu. Oleh-orang barat mengakui bahwa kuda arab yang terdapat dinegara-negara Arab saperti Arab Saudi, Yaman, Syria, Irak, Libya, Iran, Mesir adalah tempat-tempat asli terdapatnya kuda ini.

Sekarang hampir semua kuda-kuda hebat di dunia termasuk kuda Inggris Thoroughbred, Dartland, Barb, Criollo dan sebagainya sedikit sebanyak mempunyai pertalian darah dengan kuda arab. Di balik kehebatan kuda-kuda lain didunia, di dalamnya mengalir darah kuda arab.

Kuda Mongolia

Kuda Mongolia (Dalam bahasa Mongolia mori sebagai kuda, atau sebagai kawanan, ado, atau di Khalka bagian utara, tabun) adalah jenis kuda asli Mongolia. Ras ini konon menjadi sebagian besar tidak berubah sejak zaman Genghis Khan. Perantau yang tinggal di Mongolia yang masih tradisional masih memelihara lebih dari 3 juta ekor kuda, yang melebihi jumlah populasi manusia di negara itu

Kuda Mongolia
Di Mongolia, kuda hidup di luar ruangan sepanjang tahun, berurusan dengan suhu dari 30 °C di musim panas ke -40 °C di musim dingin, dan mereka merumput dan mencari makanan sendiri. Susu kuda diolah menjadi minuman nasional airag. Beberapa hewan disembelih untuk daging. Selain itu, mereka dipakai sebagai tunggangan dan hewan transportasi; mereka digunakan baik untuk pekerjaan sehari-hari para perantau dan balap kuda.

Kuda Mongolia merupakan faktor kunci yang mendukung penaklukan abad ke-13 dari Kekaisaran Mongolia

Kuda Mongolia kekar, dengan kaki yang relatif pendek tapi kuat dan kepala besar. Mereka beratnya sekitar 272 kg dan tinggi 1,22-1,42 meter. Mereka memiliki kemiripan sedikit dengan kuda Przewalski dan pernah diyakini berasal dari subspesies tersebut. Namun, teori tidak terbukti pada tahun 2011 oleh pengujian genetik. Kuda Przewalski telah diyakini bukan merupakan nenek moyang dari setiap kuda domestik, meskipun dapat dikawin silang dengan kuda peliharaan untuk berhibridisasi dan menghasilkan keturunan yang subur. Dari equines caballine, E. ferus, itu adalah E. ferus ferus, juga dikenal sebagai kuda Eropa liar atau "Tarpan," menghasilakan keturunan dengan kuda domestik modern.

Surai dan ekor kuda Mongolia yang sangat panjang. Helaian surai mereka sering digunakan untuk tali mengepang; rambut ekor dapat digunakan untuk busur biola. Kuda Mongolia memiliki stamina yang besar: meskipun mereka memiliki tubuh kecil, mereka dapat lari kencang sejauh 10 km tanpa istirahat. Karena kuda-kuda yang dibiarkan hidup sama seperti kuda liar, mereka memerlukan sedikit perawatan kuku. Kuku yang tersisa tidak dipotong dan tidak bersepatu, dan hanya ada beberapa spesialis perawatan kuku kuda di negara ini. Kuda Mongolia memiliki kuku yang keras, kuat dan jarang memiliki masalah kaki. Kadang-kadang, tetapi tidak selalu, kuda akan dicap. Kuda Mongolia sangat kuat. Ketika menarik gerobak, tim dari empat kuda Mongolia dapat menarik beban seberat 2 ton untuk 50-60 km sehari.


Kuda Sumba

Kuda Sumba atau Sandalwood Pony merupakan salah satu kuda ras asli Indonesia yang sudah cukup terkenal. Antara lain karena mutu kuda yang baik dan kuat, maupun dari tradisi masyarakat setempat seperti Pasola yang sudah menarik perhatian turis dari berbagai negara.

Kuda Sumba

Kuda Thoroughbred

Sejarah kuda thoroughbred dimulai tahun 1690 sejak Kapten Robert Byerley menangkap seekor kuda jantan berdarah Arab dan menungganginya pulang ke Inggris setelah berakhirnya perang. Kuda yang diberi nama Byerly Turk ini selama 6 tahun menjadi seekor pejantan berdarah Arab yang menjadi bapak dari banyak anak hasil persilangan dengan kuda betina asli Inggris.

Kuda Thoroughbred
Didalam buku tentang pejantan dimasukkan dengan nama “Byerly Turk”. Byerly Turk manjadi konstributor paling penting terhadap kuda terkenal Herod waktu itu, serta anak Herod yang bernama Highflyer.

Pada tahun 1704 Thomas Darley mengimport lagi kuda pejantan dari Aleppo, beliau mulai secara selektif menyilangkan kuda ini dengan kuda pacu betina lokal yang berprestasi. Lahirlah kuda pacu terkenal pertama dengan nama Flying Childers. Darley Arabian ini menjadi konstributor penting pada darah kuda Pejantan Eclipse. Hampir 90 persen kuda thoroughbred dunia yang terdaftar memiliki jalur keturunan dari Eclipse ini.

Pada tahun 1728 kembali Lord Godolphin membawa kuda pejantan dengan nama Godolphin ke Inggris dan menjadi pejantan dari banyak anak. Ketiga kuda diatas merupakan moyang kuda RAS baru Thoroughbred yang sekarang ini menjadi jawara kuda pacu di dunia.

Kuda Thoroughbred merupakan kuda RAS baru hasil silangan manusia. Merupakan keturunan silangan kuda betina asli Inggris dengan kuda jantan dari Turki serta kuda jantan dari Arab yang dikembangkan pada abad 17 dan 18. Kuda arab dipilih karena kecantikan bentuk nya, ringan dan atletis, spirit dan staminanya yang kuat. Kuda thorougbred modern saat ini dapat ditelusuri pedigrenya dan berasal dari dari 3 ekor kuda diatas.

Kuda thoroughbred saat ini terus dikembangkan orang dibanyak negara termasuk Indonesia. Sekarang ini ada 118.000 ekor kuda thoroughbred lahir setiap tahun dan terdaftar rapi. Organisasi resmi seperti Jockey Club di Amerika adalah organisasi yang bertugas mengontrol pendaftaran, melakukan pembinaan terhadap semua lembaga dan peternak maupun pelatih serta jockey kuda thoroughbred di wilayah Amerika Utara termasuk Canada. Dinegara lain seperti Australia dan Eropa juga memiliki organisasi serupa yang bertugas untuk menjaga keaslian darah dalam mengembangkan kuda jenis ini. Di Indonesia organisasi yang berwenang dalam hal ini dipegang oleh Biro Regristrasi Kuda (BRK) dibawah PORDASI.

Pacuan Kuda Thoroughbred telah dimulai pada berabad-abad silam. Para penggemar kuda pacu didunia memiliki tradisi yang sudah cukup lama dalam mengadakan pacuan kuda-kuda thoroughbred. Pacuan-pacuan yang terkenal didunia diadakan di Inggris, Amerika serta Australia. Di Inggris Raya sendiri terdapat 60 trak pacuan atau gelanggang pacuan kuda yang terdaftar di Badan Pacuan Kuda Inggris, tersebar mulai dari Scotlandia sampai bagian selatan Inggris. Barangkali menjadikannya sebagai suatu negara dengan jumlah arena pacuan kuda terbanyak di dunia bersama Amerika.

No comments: